Friday, November 1, 2019

[Review Drama] : Extraordinary You (Sinopsis/resensi K-Drama)

Assalamu'alaikum world~ setelah menahan diri di sekian pekan purnama akhirnya aku kembali mencurahkan cinta dan semangat di kancah per-review-an drama.
(Ngga ngerti ya? Wakkaka yaudah skip ajah bagian ini wkakak)

Jadi gue akhirnya kembali dengan review dramaYANG SESUNGGUHNYA untuk drama Extra Ordinary You atau dengan judul webtoonnya; July Found By Chance. Sebenernya setelah menulis Extra Review seminggu kemudian gue udah tergelitik untuk lanjut review drama ini setelah nonton lanjutan kisahnya, namun gue berhasil mengendalikan. (disupport dengan rasa malas yang baik xD)
 

EXTRA-ORDINARY YOU REVIEW (JULY FOUND BY CHANCE)

Dan sekarang, bisa gue simpulin drama ini SANGAT REKOMEN. Drama itu rasanya tuh kaya nano-nano, bener-bener kaya akan rasa. Kulikan sutradara, penulis skenario dan webtoonnya bener-bener kombinasi dan teamwork yang ciamik.

Baiklah dari pada berlama-lama, kita liat dulu resensi dari cerita drama Extra Ordinary You ini. Okay, Here we go!



Judul Drama: Extraordinary You (English title) / Ha-Roo Found by Chance (literal title)
Director: Kim Sang-Hyub
Penulis: Moo Ryoo (webcomic), In Ji-Hye, Song Ha-Young
Network: MBC
Episodes: 32
Genre: Fantasy-Romance
Release Date: October 2 - November 21, 2019
Jam Penayangan: Rabu & Kamis 21:00 (35 minutes / 2 episodes per hari/tayang)

--
Sinopsis
 
Eun Dan Oh adalah seorang siswa sekolah menengah berusia 17 tahun dari keluarga kaya, cantik dan berprestasi baik. Akan tetapi saat ini dia mengidap penyakit jantung, yang diprediksi oleh dokter umurnya tidak akan lama lagi. Dia mungkin tidak akan bisa menikmati masa remajanya lebih lama lagi.

Namun di suatu hari Dan Oh menyadari ada banyak hal yang aneh dalam kesehariannya. Dari mulai hari yang terus berganti dengan tidak wajar, sampai dia menemukan fakta bahwa dia adalah tokoh figuran dalam sebuah komik.

Menyadari hal itu, Dan Oh bertekad untuk merubah nasibnya setidaknya untuk mencari kebahagian di luar nasib yang ditentukan oleh penulis. Dan Oh juga memahami bahwa kemauan dan perasaan yang sebenarnya bisa dia kendali kan di off stage, atau saat karakternya sedang tidak ada di papan cerita. Di stage Dan Oh memiliki nasib cinta bertepuk sebelah tangan oleh temannya sejak kecil, dan Dan Oh yang di off stage atau Shadow bertekad untuk mencari cinta sejati yang baru.

Akankah usaha Dan Oh untuk mengubah nasibnya sesuai yang dia mau itu berhasil?

--

Nah, itu resensi drama yang gue ambil dari google plus gue tambah-tambahin pake info yang gue dapet setelah nonton 10 episode. Semoga kebayang serunya drama tersebut kaya apa. Gue berusaha untuk ngga bikin spoiler di review ini, semoga gue berhasil ya wakka.

Tapi gaes, demi apapun drama ini sangat rentan spoiler!

Bagi kalian yang ngikutin drama ini, sesungguhnya drama ini selalu bikin ending di tiap episode dengan sangat 'kurang ajar', dan sangat bikin penasarannya. Ya kan? Ya kan? Mau gimanapun akhirnya, drama ini punya magnet buat narik orang ngegali lebih dalam, tentang hal apapun yang ada di drama ini. Bahkan sampai tahun kelahiran dari setiap para pemain juga kalian akan tahu kalau ngikutin rasa penasaran kalian, ampuuun dijee wakakak.

Soalnya kalian akan berakhir dengan berselancar di IG, ketemu dengan Making Film-nya, lalu gemes-gemes berakhir bucin dengan karakter-karakternya, lalu penasaran sama jalan ceritanya, direkomendasikan webtoonnya, baca webtoonya, dan BOOM... tanpa sadar kalian sedang masuk jebakan spoiler.
Belum lagi prediksi dan teori netizen-netizen yang sotoy kaya gue, dan nggak jarang teori-teori itu bener doong. Tapi... meskipun bener, drama yang pada dasarnya berputar di sekitaran cerita receh ini, selalu bisa mengejutkan penontonnya dengan plot yang berbeda. Sampai akhirnya gue berkesimpulan, drama ini ngga biasa, jenius!

Bagus kalau kalian adalah penganut nonton dramanya kalau dramanya udah abis, atau penganut nonton drama yang harus cari review dulu baru nonton. Maka kalian akan selamat dari spoiler, semoga aja wakakka

Beberapa nilai plus drama ini yang akan gue jabarkan, yang menurut gue adalah daya tarik dari drama ini.

1. Bergelimang pemain yang menyejukkan mata. (Nilai plus macam apa inih?? Wakka) Karakternya tipikal komik banget, ada Bad Boy, Soft Boy cowok polos gemesin, Good Boy, peran utama ceweknya ada yang tipe netizen yang suka ngedumel, agak sok tau centil tapi gemesin, ada juga yang tipe Mary Sue a.k.a cewek menye-menye. Bukan hanya karakter(sifat) pemainnya yang komik banget, tapi juga outlook mereka pun juga komik banget. Semua punya tampilan ras Asia di atas rata-rata (bisa jadi karena perawatan dan makeup-nya juga kali Jeeng wakka)


2. Cerita sederhana dengan plot yang nggak biasa. Menurut gue karakternya tipikal komik, ceritanya tipikal komik, bener-bener sederhana dan kebaca. Receh banget deh. Tipe drama The Heirs atau drama romansa lainnya. Harusnya begitu, tapi entah kenapa selalu ada kejutan yang bikin drama ini sangat menarik, ada misteri setiap episodenya, ada plot yang luar biasa yang nggak bisa diduga. Penulis seakan menembakan peluru kejutan bertubi-tubi di setiap episodenya. Gimana ya cara mengungkapkannya, gue ngeri keceplosan dan akhirnya bikin spoiler wakakka. Bahkan plot cerita si peran utama yang receh itu kini jadi semakin menarik karena ada ledakan-ledakan kecil di sana.

 

3. Karakter si peran utama di drama ini, alias peran extra atau figuran di cerita temennya ini, bisa gue bilang dimainkan oleh salah satu aktris terbaik, Kim Hye Yoon. Sebenarnya karakter Dan Oh di webtoon dan di drama ini agak beda. Di Webtoon karakternya sedikit lebih gelap, sedang di drama ini Hye Yoon bisa membuat karakter Dan Oh beberapa kali lipat lebih menarik dan sangat dicintai semua orang. Karakternya centil, cerewet dan cheerfull bikin yang ngeliatnya gemes banget sama dia. Bahkan Baek Kyung (yang suka marah marah mele) setelah sutradara bilang cut selalu nggak bisa nahan ketawanya.
Di drama ini dibuat karakter Dan Oh juga menggambarkan/mewakilkan banget perasaan kita kalau udah ngeliat adegan terlalu manis nan menggelikan, atau nggak bisa tahan dengan segala kenorakan di cerita stage. Perasaan kita terwakilkan, gaes wakaka. Untungnya Dan oh juga nggak sendirian, setelah Do Hwa tau posisinya sebagai pemain figuran dan paham bagaimana jalannya stage dan shadow, dia menjadi teman setia Dan Oh untuk selalu bergunjing dan ngebacotin pemain yang lain, bahkan penulis cerita mereka.


--

Sampai sebelum gue nonton episode 9-10 ini, gue berpikir sepertinya penulis sangat konsisten dengan terus memberikan kita bom kejutan di setiap akhir episode. Namun setelah gue nonton 2 episode terakhir, yaitu episode 9-10, akhir cerita mulai terasa berbeda. Tidak berakhir dengan misteri lagi. Bahkan cerita berakhir dengan adegan yang ditunggu-tunggu setelah sekian purnama oleh para penonton. Tapi gue malah jadi takut dan mulai berpikir "apa si penulis udah keabisan pelurunya setelah dia telah berusaha keras di awal? Akankah episode setelah ini lebih flat?"

Drama ini ngga sereceh kelihatannya, drama ini tidak semudah kelihatannya, drama ini plotnya nggak bisa ditebak, drama ini alur bahagia-melownya nggak nyantai kaya naik jungkat-jungkit di taman, ya, semua itu nilai plus yang luar biasa. Ternyata drama ini butuh mikir keras juga lho, gaes.

Jadi sebenernya sangat bisa dideteksi kenapa ada beberapa orang yang berhenti di tengah jalan setelah nonton drama ini. Kalau menurut gue sendiri ada tiga tipe, pertama; mereka yang 'kapal'nya (atau pendukung couple (pasangan) tertentu) tidak didukung oleh kemauan penulis, kedua; mereka yang merasa jalan cerita tidak menyenangkan lagi (karena memang perubahan di akhir-akhir cerita lebih serius dan rumit), ketiga; cerita fantasi yang jauh kaitannya dengan kehidupan sehari-hari itu agak susah mendapatkan tempat di hati para pemirsa.

Kita tau, drama ini jadi drama yang paling banyak diperbincangkan, artis dan aktornya pun sempat jadi yang paling dicari-cari di internet, tapi ratingnya masih tergolong biasa aja, malah bisa dibilang nggak tinggi (meski ratingnya tetep konsisten, naik turunnya ngga jauh).
Namun berhati-hatilah Pak Sutradara atau Wahai Penulis, jangan ikutin ambisi karena ingin lebih menjulang rating-nya. Please jalankan cerita sesuai yang seharusnya. Meskipun dalam hati gue sangat berharap untuk tidak melihat sad-ending, tapi apalah kita wahai para penonton setia dan bucin-bucin, kita tidak boleh menghancurkan karya indah sang penulis.

Ayo tunggu dan nantikan dengan manis *w*

 Salaam :*

No comments:

Post a Comment