Saturday, January 13, 2018

[Review Drama] : Wise Prison Life/Prison Playbook

Ini beneran gue lagi rajin nulis, apa emang pengen ngeluarin isi dalam otak aja? Tapi masalahnya cerita kumcer gue nggak jalan-jalan. Yang ada malah nambahin tulisan ini. Yaudahlah ya, tolong dimaafkan :3 Mungkin dengan begini bisa melatih gue setelah gue vakum di kepenulisan kemaren-maren #halasan wakaka

Jadi ceritanya gini, gue bener-bener pengen banget Review Drama Korea ini karena gue merasa ada hal yang aneh di sini. Biasanya drama bagus, dengan rating bagus, pasti euforianya juga berbanding lurus. Tapi ini nggak, drama ini bagus (versi gue) rating oke banget, tapi ternyata nggak terkenal-terkenal amat. Taunya dari mana? Yah, berdasarkan penelusuran gue di instagram aja sih, bukan data valid. *laludibelenderjadijus*

[Review Drama] : Wise Prison Life/Prison Playbook


Oke, kita mulai aja. Gue mulai dari kesan pertama kali melihat poster drama ini. Nah, coba kalian liat dan jelaskan dalam kalimat singkat.


Iya, yang terlintas dipikiran gue juga seperti orang kebanyakan yang melihat. “Ini pasti drama crime, action, atau genre film berat lainnya.” Kalau orang berpikir seperti itu, berarti orang itu tertipu mentah-mentah (Iya, gue ketipu. kebetulan gue hanya melihat posternya aja. Gue nggak ngeliat genre yang jelas-jelas ditulis di sana xD)

Detail Drama Wise Prison Life/Prison Playbook

Judul : Wise Prison Life/ Prison Playbook
Judul Lokal :Seulgirowoon Gambbangseanghwal (ngarti kaga? Gue sih kaga XD)
Sutradara : Shin Won Ho
Penulis Naskah : Jung Bo Hoon
Genre : Komedi
Channel : tvN
Episode : 16 Episode
Jadwal Tayang : 22 November 2017 – 18 Januari 2018 (setiap hari Rabu dan Kamis 21.30 KST

Drama ini menceritakan kisah seorang pemain baseball terkenal, Kim Je Hyuk, yang terlibat suatu kasus dan masuk penjara. Di sana Kim Je Hyuk bertemu berbagai macam narapidana dan staff penjara dengan karakter berbeda. Drama ini akan membahas kehidupan yang dilewati Kim Je Hyuk selama berada di penjara sebagai tahanan. (udah gitu doang sipnosis dari tempat donlot kesayangan xD, selanjutnya baca aja di review gue ya ;3 )

==

Drama ini unsur komedinya 70 persen. Dan kejutan di drama ini banyak banget. Kemasan dramanya oke banget, kalau kalian pikir drama penjara ini mungkin banyak adegan kasar, Anda salah besar sodara. Gue jelasin dari mana dulu ya? Gue takut nggak objektif deh, karena sukanya udah pake banget sama drama ini, wakaka

Jadi waktu nonton pertama kesan pertama gue melihat aktornya, “Udah ahjushi semua nih kayanya.” Mana gue sebelumnya belum pernah nonton drama si Je Hyuk ini sebelumnya. Tapi hal itu sebenernya bagus. Jadi kalian bisa menilai cerita murni bukan karena aktor atau aktrisnya, melainkan dari kualitas ceritanya sendiri.

Nah, di awal drama ini udah diarahkan ceritanya bagaimana Je Hyuk terlibat kasus dan menjalankan persidangan.

Adik dari Je Hyuk dilecehkan oleh seseorang yang tidak dikenal dan Je Hyuk sebagai kakak tentu geram. Dia mengejar pelakunya, menangkapnya dan melakukan pergulatan sengit dengan si pelaku. Karena Je Hyuk hampir kehilangan nyawanya, dia melakukan perlawanan yang malah membuat si pelaku terluka parah.

Lalu adegan berpindah fokus ke pengadilan saat hakim menentukan hukuman yang pantas untuk Je Hyuk karena si pelaku sekarang keadaannya kritis di rumah sakit. Meskipun itu bentuk perlindungan diri, tetap saja Je Hyuk dinyatakan bersalah dan mendapatkan hukuman penjara.

Nah di sinilah dimulai kehidupan Je Hyuk sebagai seorang tahanan. Kesan pertama para tahanan dan staff penjara bermacam-macam. Karena Je Hyuk termasuk idola yang bisa dicintai siapapun, maka tidak terkecuali para tahanan atau staff yang bilang ngefans sama dia dengan muka sumeringah, padahal bagi Je Hyuk masuk penjara itu musibah besar dan benar-benar mengubah hidupnya.

Kalau gue cerita sampai situ aja pasti yang ada dipikiran kalian, “Standar aja, biasa aja, nggak ada unik-uniknya, semua orang pasti bisa mengalami hal itu.”

Seperti yang pernah gue bilang di postingan sebelumnya, kalau cerita yang memikat penonton itu adalah yang ceritanya unik (tapi tetep jelas), atau karakternya yang unik.

Nah, daya pikat yang dimiliki drama ini adalah ‘karakter yang unik’. Nggak cuma tokoh utama yang unik, bahkan tokoh sampingannya pun unik. Kalau keunikan yang dimiliki peran utamanya adalah kebodohan yang luar biasa. Dari episot pertama udah dijelasin dan ditekankan sama penulis drama ini : Je Hyuk itu tipe orang yang cuma jenius dalam satu hal, yaitu baseball. Selebihnya, dia itu orang bodoh (gue coba perhalus meskipun itu tetep kasar xD)

Semua fansnya mengetahui itu, pacarnya atau mantan pacarnya juga tahu, adeknya juga paham banget, emaknya udah memakluminya, cuma sahabatnya yang udah lama nggak ketemu dia aja nggak percaya kalau dia bodoh. Meskipun orang lain dengan muka lempeng dan serius bakal bilang ke sahabatnya Je Hyuk, “dia itu beneran bodoh.” Sahabatnya itu nggak percaya dan ngerasa Je Hyuk cuma pura-pura. Tapi setelah ketemu lagi di penjara dan sering dibikin kesal sama Je Hyuk akhirnya dia bisa paham seberapa parahnya IQ-nya Je Hyuk. 

Kebodohan Je Hyuk emang nggak kenal tempat, bahkan dipenjara. Tapi muka lempengnya Je Hyuk kadang bakal menipu orang sampai orang itu benar-benar mengenalnya. Kaist (salah satu teman Je Hyuk di kamar tahanannya) udah berkali-kali mau bunuh diri, saat mengikutsertakan Je Hyuk dalam kompetisi yang dilakukan di penjara.

Kalau udah kenal banget Je hyuk, semua cuma bisa memakluminya karena yang bisa Je Hyuk kerjakan hanya baseball. Sanking nggak bisa apa-apa, kepala penjara bikin arena baseball di penjara buat Je Hyuk dan menyarankan dia agar “latihan aja, nggak usah ngerjain yang lain.” Yah, ada beberapa alasan juga sih. Salah satunya si Kepala Penjara pengen banget bisa deket sama Je Hyuk dan bisa diliput media. Tapi kalian bakal kaget tentang Kepala Penjara ini di Episode 12 nanti.

Sahabatnya Je Hyuk itu berkerja sebagai sipir penjara. Awalnya dia bukan terkenal sebagai teman Je Hyuk, tapi sebagai fans berat Je hyuk dan Presiden Fans Club Je Hyuk. Saat gue liat beberapa adegan mereka kok rada aneh karena bromance-nya lumayan kuat. Gue takut mengarah ke g*y (amit amit cuih cuih) tapi makin ke sini gue yakin itu pure bromance doang. Bahkan adek kandung Jun Ho si sipir, dia fans berat Je Hyuk yang nangis tersedu-sedu pas Je Hyuk dinyatakan bersalah dan masuk penjara karena sangking sayangnya dan ngefans-nya sama Je Hyuk.

Terus kenapa gue bilang banyak kejutan di sana? Salah satunya tadi gue kasih tau tentang si Kepala Penjara. Tapi kalau gue ceritain pasti nggak bakal seru lagi kalau kalian nonton. Kejutan memang banyak terjadi saat kita melihat satu tokoh karakter berubah.

Kok karakternya berubah, nggak konsisten dong? Sodara, di penjara itu apa saja bisa terjadi, perubahan sikap, perubahan kepribadian, perubahan kebiasaan, dan banyak lagi. Penulis drama ini menyampaikan realitas kehidupan di penjara dengan cara yang menyenangkan. Percaya deh nilai kehidupan yang diambil juga lumayan banyak. Nggak cuma lucu-lucu nggak mutu aja.

Gue udah nonton 12 episot dan bisa menjamin itu. Kalo kalian tetap nggak sependapat sama gue, berarti selera kita dan standar penilaian kita beda. Itu aja J

4 comments:

  1. setuju, drama ini tuh gila keren bgt...sumpah bisa ngakak terus
    apalagi pertengkaran haerong..mau sm kapten yoo atau yg lain,, selalu istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hearong salah satu bumbu manis dalam drama ini, yang citarasanya kuat banget #ngomongapasi wakakaka

      Delete
  2. sependapat kitaahh.
    suka banget sama karakternya je hyuk di sini, bodoh-bodoh menggemaskan.hhaa,, ini drama cast2 nya ga begitu terkenal kecuali capt yoo yang drama sebelumnya booming (atau gue nya aja kali yang ga kenal para ahjussi itu :p)tapi karna ceritanya bagus dan menarik jadi nontonnya ga ngebosenin malah bikin nagiiihhh.bdw ini drama on going yang pertama kali gue ikutin (biasanya nonton drakor hasil rekomen temen dan udah complete) jadi gregetan sendiri nontonnya ga bisa maraton. pengen buru2 lanjutin ke episode selanjutnya tapi harus nunggu tiap minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang drama ini rekom banget, dan nggak bakal bosen kalo diulang-ulang lagi. ^^/

      Delete