Sunday, May 22, 2016

[Skrip - Curhatan] : MOOD & MUSIC

Lagi- lagi, gue nyoba nulis pake format skrip lagi. Yeay! :D
Kali ini curhatan dengan format skrip. 

Cekidot aja yuks~




MOOD & MUSIC



INTERIOR (INT.) KAMAR ZU. MALAM.
Komputer memutar lagu OST. Begin Again – LOST STARS.

Zu Voice Over (VO)
Di Postingan sebelumnya gue bilang akan bahas beberapa alasan yang bikin gue memilih untuk review film Kanojo wa Uso wo Aishisugiteru. Sebenernya bukan alasan juga sih, cuma curhat tambahan aja. Hahahahah. FYI, sebelum gue nonton film Jepang yang satu itu, gue juga nonton Begin Again 2013. Dan itu tentang musik juga.

Menyorot gambar poster film Begin Again.

Sebelum itu juga, gue lagi nge-stuck sama lagu Charlie Puth feat Selena Gomes – Don’t Talk Anymore. Jadi hari itu, penuh dengan segala hal tentang musik.

Berusaha mendendangkan Don’t Talk Anymore. Lalu berhenti setelah beberapa detik.

Zu V.O
Beberapa lagu yang tertangkap hati dan pendengaran gue tersirat lirik yang menyakitkan, ngegalau banjetlah. Saelaah... Ya, meskipun lagunya nggak balad juga sih.

MONTAGE. Bagian lirik DONT TALK ANYMORE, Bagian lirik LOST STARS, bagian lirik LIKE A FOOL.

Zu V.O
Ya, gimana hati nggak ikut-ikutan baper. Padahal waktu itu gue lagi butuh mood buat bikin cerita komedi atau romantis. Tapi karena gue butuh menulis, akhirnya gue memutuskan buat nulis review yang nggak ada perasaan dalam buat cerita.

Menyorot judul word tentang review Nagoya.

Zu V.O
Dan abis itu gue inget masih punya utang review film dari tantangannya Nica.

DISSOLVE TO scene saat bermain PatCepat. [Permainan yang diadakan di komunitas menulis OWOP. Di mana penantang memberikan perintah untuk membuka halaman dan paragraf yang dia mau, dan penerima tantangan menuliskan kaimat itu dalam waktu 3 menit. Kalau menjadi orang yang terakhir selesai dan ada typo, dia yang mendapatkan hukuman/tantangan]

Menampilkan contoh gambaran acaranya.


Zu V.O
Jadi setelah menulis dua review gue mulai terbiasa lagi menulis. Nah, masalahnya gue sekarang masih sering dengerin lagu-lagu galau itu. Masih belom bisa mengembangkan mood gue buat nulis genre yang lebih ceria nih.

Putar ulang musik galau lagi.

Zu V.O
Selainnya lagunya enak, entah ada kesenangan sendiri gue denger lagu galau gitu. Kayanya emang guenya lagi baper aja kali ya. Tapi gue juga yakin beberapa orang sama kaya gue, bahwa membangkitkan mood menulis itu bisa dengan lagu.

Buka ‘notes’ HP, dan baca-baca lagi tulisan tantangan malam narasi kemaren.

Zu V.O
Dan kemaren gue merasa berasil menuliskan sepotong cerita tentang hujan dengan genre Angst. Gue berniat buat ngepost di blog juga nanti.

Balik lagi menyorot poster film Begin Again dan Kanojo wa Uso o Aishisugiteru.

Zu V.O
Oh, iya selain itu gue juga mikir, beberapa waktu yang lalu gue suka banget sama dorama-film Korea dan meninggalkan dorama-film Jepang. Menurut kalian kenapa? Gue sih nggak tau pasti kenapa, tapi menurut gue ini berhubungan kuat dengan akting dan jalan cerita. Gue sih nggak masalah mau aktornya ganteng banget atau nggak, meskipun itu bisa jadi nilai plus sih, tapi nilai utama tetep akting.

Menyorot poster Kanojo wa Uso o Aishisugiteru.

Zu V.O
Gue nggak ngerasa Takeru itu cakep banget. Malah karena kekurusannya itu gue suka naro nilai minus sama penampilannya.

Lalu menerima hujatan dan timpukan dari fans Takeru.

Zu V.O
Tapi bukan itu yang gue liat. Takeru aktingnya memenuhi standar gue dan membuat gue tahan melihatnya berlama-lama. Film yang akting aktor-aktrisnya kurang sreg gak bakal gue lanjut. Karena gue ngerasa dia nggak akan bisa menyampaikan perasaannya ke gue. Itulah yang akhir-akhir ini gue liat di dorama Jepang. Film masih mending lah ya, tapi dorama selain kadang akting aktornya lumayan kaku, jalan ceritanya nggak ada benang merah.

DISSOLVE TO scene saat ngobrol sama Nana tentang Dorama Jepang sekarang.

Zu V.O
Kebetulan nih kan ya, gue lagi belajar menulis dan menikmati cerita, jadi entah kenapa penilaian gue tentang suatu cerita lebih strik daripada yang dulu.

DISSOLVE TO scene saat nonton My Stupid Boss.

Zu V.O
Film itu emang lucu, sumpah gue nggak boong. Gue ketawa sampe ngakak-ngakak membuang rasa malu gue sama orang sekeliling gue. Tapi akal sehat gue masih ada, gue  nggak jadi deh guling-guling di depan bioskop.

Menyorot lagi poster Reza di My Stupid Boss.


MONTAGE. Saat Reza ketawa, saat Reza bersikap nyebelin.

Zu V.O
Akting Reza pecah, akting Bunga keren, dan ceritanya kocak abis. Meskipun cerita itu dibisa dinikmati tapi nggak bisa ditarik benang merahnya sih. Maksud gue cerita itu bukan suatu cerita yang bisa kita liat awalan-konflik-klimaks-akhiran.

Mengalihkan pandangan sebentar ke lemari buku.

Zu V.O
Mungkin karena cerita itu bukan cerita fiksi kali ya. Beda kan sama cerita fiksi pasti mereka punya awalan-konflik-klimaks-akhiran. Nonfiksi mungkin beberapa ada, tapi sebagian nggak punya kayanya. Gak tahu pasti sih gue... Tapi jadi itu kadang yang nggak dipunyai dorama Jepang.

DISSOLVE TO Dorama Gakusen.

Zu V.O
Gue menikmati sih ceritanya, tapi begitu-gitu aja, terus capek deh nontonnya. Biasanya mereka satu episot abis satu cerita tentang si tokoh A, lalu episot kedua cerita tokoh B, tapi awalan-konflik-klimaks-akhiran ini nggak terlalu keliatan. Jadi bosen aja gitu.
Nah, sebaliknya dorama korea itu malah nambah nilai plus dengan banyak cerita unik dan kita bisa meliat dari sudut padang berbeda, selain punya awalan-konflik-klimaks-akhiran ini. Meskipun ada beberapa film dan dorama Korea yang ngebosenin juga sih.

Baca tulisan ini kembali dari atas. Dan mengerutkan dahi.

Zu V.O
Nampaknya bahasannya melebar kemana-mana. Ya intinya sih yang pengen gue ceritain adalah mood yang bisa dibangun dengan lagu. Bagi gue itu bisa banget. Mungkin yang belom pernah nyoba, bisa dicoba. Sampai situ aja dulu deh. Bye...

Word tutup. Matiin laptop, bersiap kondangan.


3 comments:

  1. Yes. Aku juga dengerin lagu kalo buat bangun mood nulis. Salah satunya ding. Salah dua dan tiga, masih ada lagi hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget, aku juga masih ada salah dua tiga dan seterusnya wakakaka

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete