Friday, January 12, 2018

[Sharing] One Day Trip in Sukabumi, Yey or Ney?

Haluuu Assalamualaikum 2018! Ini postingan pertama di tahun ini. Pengennya sih setelah ini rajin lagi posting apapun, nulis apapun, bahkan kalo bisa menyelesaikan target novel gue yang dari tahun gajah #emangada. Tapi ya, gini... sebenernya sih mood aja nggak ada buat nulis, nggak tau deh postingan ini bisa selesai dan di posting nggak di blog. Let’s see xD

One Day Trip in Sukabumi, Yey or Ney?


Kalau kalian pada udah baca tulisan ini di blog ya pasti udah selesai lah, MbaBro. #laludisiramminyakjelantah

Oke, kita langsung aja. Seperti judul di atas kalian pasti udah tahu kalau gue kembali ngebolang. Siapa yang menduga ya, gue akhirnya ngebolang lagi. Setelah larangan bokap gue yang nggak nyante itu, akhirnya gue bisa ngebolang lagi. #bersorakgembira

Di mana ada niat di situ ada jalan. Kalau gue nggak boleh ngebolang berhari-hari, gue mikir kenapa gue nggak ambil aja seharian? Dan tentunya ini bakal jadi suatu hal yang baru dari seri jalan-jalan gue. Mungkin akan menjadi pengalaman yang lebih seru daripada yang sebelumnya. Saat itu gue mikir begitu, walau ada sedikit ragu di hati.

Nggak seperti jalan-jalan sebelumnya, kali ini gue nggak jadi seksi repot untuk mempersiapkan segala halnya. Karena sebenernya rencana jalan-jalan ini juga bukan keluar dari mulut gue, sih... dan lagian cuma seharian nggak usahlah pake repot-repot persiapannya. Gue sih mikir gitu, tapi apa yang terjadi? Ternyata banyak yang terjadi.

Malam sebelumnya gue sebenarnya udah sempet resah, gue berdoa dari malam itu supaya nggak terjadi apa-apa pas trip besok. Bahkan sanking resahnya, gue ngebayangin kalau gue telat bangun atau ketinggalan kereta, atau apapun yang bikin gue nggak jadi pergi. Tapi tentunya gue nggak bisa membatalkan begitu saja tanpa alasan, sayang lah...

Tapi telat bangun kagak, ketinggalan kereta kagak, malah dateng paling awal. Sempet tidur juga sampai kepala gue terjatuh-jatuh. Aman banget lah. Bahkan gue dan temen-temen dapet tempat ngetem yang enak di kereta, di mana lagi kalo bukan gerbang restoran kereta.


Nah, masalah udah dimulai saat gue sampai di Sukabumi. Dapet gojek aja udah beda sendiri, si abang gojek nggak mau ke depan stasiun karena katanya ada ojek pangkalan, jadilah gue agak jalan menanjak dari stasiun Sukabumi menusuri jalan pasar.

Gue bilang sama temen-temen gue, “Ditunggu di atas ya, ntar barengan ke Selabintana-nya.” Mereka mengiyakan, namun yang terjadi keduanya malah melaju ke jalan lain karena katanya nggak terlalu macet.

Yaudahlah, kita akhirnya sepakat buat ketemuan di Hotel Selabintana. Sepanjang jalan gue masih menikmati pemandangan dan udara yang cukup sejuk. Ngebayangin ntar gue nulis review, gue ngapalin angkot mana aja yang ngelewatan jalan ke arah Selabintana ini. Tapi perasaan gue makin aneh kok si abangnya ngecek maps mulu, kaya bukan orang setempat. Udah gitu karena udah cukup lama, akhirnya gue coba ngehubungin temen-temen gue, apa mereka udah sampai atau belum.

Dan mereka bilang mereka udah sampai! Mode panik : ON

Anggi dan Teh Yelni ngeshare-location, dan yang gue temukan bikin kaget lagi. Estimasi ke tempat mereka 45 menit!! Bercanda nih... gue cek juga gmaps gue dan ternyata bener, sekitar 40menitan. Si Abangnya sadar kalau gmaps doi salah setelah dia konfirmasi ke orang-orang setempat.

OhmyGod! Berarti gue harus menyisakan waktu setengah jam lagi buat balik arah? Pengen nangis rasanya, ya kan ini one-day-trip, bukannya menghemat waktu gue malah buang-buang waktu. Ini mungkin alasan kenapa gue merasa cemas semalem.

“Jauh nggak A’?” gue nanya sama dia.

“Lumayan, Teh,” dia terdengar ragu-ragu dan merasa bersalah. Si abang sih minta maaf, tapi gue juga minta maaf karena pasti bensinnya langsung tiris setelah ini.

Di kepala abangnya mungkin terlintas, “kayanya lewat jalan tembusan bisa deh.” Lalu dia nanya sama sekumpulan bapak-bapak di pangkalan ojek, kalau jalan yang ditunjuknya itu bisa menembus ke daerah Selabintana atau nggak. Mereka pun kompak jawab ‘iya.’

Ya, sedari tadi sih gue paham Sukabumi ini dataran yang tinggi, jalannya mirip-mirip kaya ke puncak yang pedesaan gitu. Dan gue paham sih gue sedang menyusuri jalan tikus, tapi kok meragukan banget. Ngelewatin rumah warga yang berdempetan gitu, melewati jalan setapak yang bener-bener muat buat satu motor. Parahnya lagi, gue melewati kaya hutan bambu gitu. Agak lebay mungkin kalau dibilang ngelewatin hutan, karena jalannya masih beraspal meski hanya setapak.

Gue mencoba mengabadikan gambarnya, tapi tetep nggak bisa fokus :'>

Yang paling nggak nyante adalah tanjakan dan turunannya. Curam banget, Cuy! Tukikannya itu hampir membentuk 180 derajat, hampir lurus. Kebayang dong ngelewatin itu pake motor? Yang ada terjun bebas karena motornya kejungkang (#bukanKataBakukayanya xD).

“A’ mesti lewat sini ya? Ngeri banget kalau jatoh...”

“Teteh pegangan ya...” Yee, gue bingung -_- Kudu pegangan gimana, dia kan bukan muhrim (kudu tetep berakal dong #asek). Akhirnya gue memposisikan diri gue berat ke arah belakang dan pegang ujung jaketnya aja.

Meluncur dengan tajam seraya gue berdoa terus di dalam hati. Supaya gue rileks gue juga memposisikan diri gue nggak terlalu kaku, dengan berpikir “Gimana ntar tanjakannya coba?” eh, gue malah makin stress.

Bener aja, selesai turunan maut, tanjakannya juga maut.

“Ini saya harus turun, A’?”

“Nggak usah, Teh. Dicoba dulu...” baru beberapa detik jalan menanjak. “Teh, kayanya mesti turun dulu deh...”

Sok-sok-an sih abang, gue juga bisa kok nanjak sendiri. Pas gue ngebatin begitu, gue langsung menyesalinya. Karena tanjakannya hampir 180 derajat juga, itu naiknya susah banget. Apalagi ada bagian yang agak licin. Pas sampe atas, capeknya kok luar biasa.

Di atas ada dua orang yang entah lagi ngapain, si abang gojek kayanya nanya ke mereka. Pikiran jelek pake melintas di otak gue lagi. “Mereka bukan sekongkonglan kan, yang nunggu si ojek bawa mangsa?”

Gue tepis pikiran itu setelah si abang gojek minta maaf lagi ke gue, dan menyuruh gue naik buat melanjutkan perjalanan.

Kami terus jalan dan sampai akhirnya kembali menemukan jalan besar, gue bersyukur dalam hati nggak henti-hentinya. Dan berdoa lagi agar abangnya nggak salah masuk jalan lagi atau apa. Nggak berapa lama gue benar-benar sampai Selabintana.

Si Anggi dan si Teh Yelni menunggu gue dengan cengiran lebar. Bikin gue mikir pengen giling mereka jadi bakso. Pake cerita gue nyasar juga sama pak satpamnya, jadi doi ikut cengar-cengir ngeliat gue. Yah, udah lah... yang udah terjadi biar terjadi.

Di bagian depan Selabintana, ada wisma dan hotel yang mungkin biasa dipakai buat Family Gath. Begitu menuju ke dalam lagi di sana ada lapangan hijau yang di keliling pepohonan. Kalau mau ke dalam lagi, katanya ada air terjun, tapi katanya itu cukup jauh. Begitu ngeliat waktu dan sadar kalau resikonya cukup besar, gue dan temen-temen memutuskan untuk tidak ke sana.

Akhirnya kami hanya berfoto dan menikmati sebentar sensasi sejuk yang diantarkan di area itu. Tempat yang tidak terlalu besar buat dieksplore, namun cukup hidup dan menyenangkan.

Maap, fokusnya emang langit #sukabangetlangitgueh xD

Iya, bela-belain tiduran di rumput :'>

Terpaan gerimis yang semakin kencang, mengingatkan kami dengan waktu solat. Jam setengah satuan, kami lalu ke mushola yang tidak jauh dari situ. Selesai solat dan mengganjal sedikit perut kami dengan cemilan, kami pergi ke arah kota. Ke arah Rumah Fantasi, (yang sebelumnya) ini adalah tujuan utama kami, berdasarkan rekomendasi dari Teh Yelni.

Karena perut lapernya bukan maen, akhirnya gue dan kawan-kawan memutuskan untuk makan siang dulu. Tadinya kita sih setuju aja buat kulineran, tapi sepanjang jalan kok toko yang buka sedikit, yang buka ngga menggugah selera bener. Ini apa yang mau dikulinerin dah.

Akhirnya gue pasrah dan menyerahkan semua keputusan ke Teh Yelni. “Terserah Teteh dah, mau makan apa. Mau yang direkom orang atau apalah, yang penting makan.”

Si Teteh pengen banget nyoba Bubur Bunut yang direkom orang-orang, sedang Anggi merasa bubur itu bukan makanan berat. Itu hanya makanan yang bakal mampir doang di perut. Tapi kelaparan membuat kita pasrah, kita nggak butuh kebingungan atau galau milih makanan lagi. Yang kita butuh itu makanan.


Jadilah makan bubur siang ini. Kalau Anggi plus pisang bakar.

Gimana rasanya? Enak sih... Enak banget nggak? Emm... kayanya nggak bijak kalau denger review dari orang yang laper banget #gayaeuy. Yang kami rasakan saat itu panas dan pedas (karena kita doyan sambal dan make sambalnya banyak).

Kenyang juga sih makan bubur, tapi kita lihat berapa lama bubur itu bertahan?
Dibawa buat jalan cari mochi aja, bubur itu sudah menguap :’>

Sambil nunggu urutan masuk ke Rumah Fantasi, kita berjalan ke tempat Mochi Kaswari yang katanya terkenal sebagai oleh-oleh dari Sukabumi. Kisaran harga mochi 40ribuan. Untungnya di sana disediakan berbagai macam tester. Tenaga buburnya tergantikan sama mochi-mochi tester yang kami makan. Alhamdulillah...

Selesai dari situ kami ke Rumah Fantasi. Rumah Fantasi itu semacam galeri lukisan tiga dimensi atau beberapa properti yang menunjang untuk menjadikan foto itu terlihat lebih hidup.

Oke, kalau diminta penilaian gue untuk rumah itu, kalau boleh jujur ya... ini karena gue nggak terlalu tertarik sama hal kaya gitu, gue cuma bisa ngasih 2,5 dari 5 bintang. Terutama gue paling ngga suka spot yang terbalik-balik gitu. Nggak dapet feel gambarnya.

Nggak banget muka gue, xD
Selesai dari situ gue dan kawan-kawan melanjutkan perjalanan ke Mesjid Agung Sukabumi. Begitu sampai, gue merasa sayang banget karena di depan halamannya agak kotor. Jadi mau foto di depan pun gue jadi mengurungkan niat.
Tetep dipoto sih, bagian atasnya oke juga soalnya :B
Setelah menunaikan sholat ashar, kami langsung ke arah terminal bus. Dari yang gue tangkep dari obrolan Teh Yelni dan bapak supir go car. Kami lebih baik menunggu bis di tempat yang bapak itu saran kan aja, lebih enak buat nunggu dan semua kendaraan umum akan lewat sana. Termasuk colt (arah Bogor) yang tidak disarankan itu.

Menurut cerita, supir colt mengendari mobil bak pembalap di sirkuit balap. Bahkan kalau di sisi jalannya mepet dengan jurang, mereka akan tetap (memaksa) maju untuk menyelip di sisi itu.

Oke, tentu daftar ‘pulang dengan colt’, kami coret. Mending pake bus dong. Dan waktu sudah menunjukan jam 5 lewat. Yang menurut abang-abang parkir indomaret, jam segitu bus sudah jarang, atau bisa dikatakan bus tidak ada.
Kita istighfar berjamah...

Kalo gitu pilihannya colt dong? Tenang sodara, masih ada pilihan angkot ngeteng. Dari tempat kami ke Cibadak, lalu ke Cicurug, lalu ke Ciawi, baru ke Bogor. Kali ini bukan istighfar saja, tapi kami sertakan juga dengan takbir...

“Aku sih mending ngeteng angkot deh Kak, nggak papa. Nggak mau coba-coba pake colt.” Anggi udah frustasi tapi tetap waras. Masuk akal juga. Maka tanpa babibu lagi, kami ngangkot.

Untungnya, di jalan kami bertemu dengan seorang ibu yang memberitahukan kami segala macam, dari biaya angkot yang harus dikeluarkan, angkot-angkot yang seenak udel nurunin penumpang di tengah jalan (mungkin karena frustasi macet) dan lain-lain. Kami berterima kasih banget ada seorang ibu peri penolong saat itu. Begitu ibu peri itu turun di tempat tujuannya. Penderitaan kami dimulai kembali.

Karena melihat macet yang luar biasa supir angkot kami mengambil jalan pintas. Lagi-lagi jalan yang treknya bukan maen.

“Ini berasa naik wahana apa gitu ya...” setelah kami kekocok dan terlempar ke sana kemari di dalam angkot, tidak lupa kejedot sana-sini.

Lalu macet pun tetap tidak bisa dihindari. Ini adalah cobaan terberat sesungguhnya. Setengah jam mungkin tidak sampai 5 meter mobil angkot berjalan. Karena itu dengan kekuatan dan keberanian penuh, kami berusaha untuk turun dari angkot, berjalan dan lagi-lagi mencari spot bagus buat ngojek online.

Gue bersyukur banget hidup di zaman ini, dimana ojek online menjamur. Ini semua juga karena tol Sukabumi belom jadi, semua kendaraan menumpuk jadi satu untuk lewat jalanan ini. Berdasarkan info yang kita dapet dari ibu peri, harusnya sampai ke Ciawi itu hanya memakan waktu 20 menit. Tapi kalau macet melanda, sedikitnya 2 jam-an, atau bisa jadi semaleman lo di jalan itu.

Mamam deh...
Susah juga dapet ojek online, tapi alhamdulillah banget masih dapet. Gue tentunya langsung mengarahkan tujuan ke Stasiun Bogor. Estimasi biaya 40 ribu. Yah, nggak papa lah yang penting bisa pulang, dan gue juga ngejar kereta terakhir KRL.

Anggi aman-aman aja dengan melalui jalan macet itu. Tapi gue, kembali dengan jalan tembusan yang serem banget, sepi banget. Walaupun daerahnya nggak hutan-hutan banget, tetep aja rute gue saat itu mengerikan. Nasib gue hari itu sesuatu banget deh.

Kita sampai jam setengah 10an dan benar-benar naik kereta KRL terakhir. Tapi karena udah di kereta yang gue tau kemana dan estimasi waktunya gue pahami, gue menarik napas lega.

Benar kata orang, “waktu adalah uang.” Waktu ngebolang gue cuma sehari, tapi uang yang gue habiskan juga banyak. Namun kadang pengalaman saat itu juga ngga bisa digantikan dengan uang. Bersyukur tiada henti karena pengalaman bertambah... dan yang paling penting gue sampai rumah dengan selamat tanpa kurang satu pun.

Maaf kalau dirinci dari review ini, nggak guna banget buat refrensi jalan-jalan karena 80 persennya curhatan gue xDD

Jadi intinya, situ Yey or Ney, One Day Trip ke Sukabumi?

Kalau transport-nya bisa diajak kompromi, hayok lagi deh ke air terjunnya. Atau kalau boleh nginep daerah Sukabumi yang ke sanaan lagi, yang banyak pantainya... kapan lagi tapi yak... #nelangsa

2 comments: