Monday, July 11, 2016

[Sharing] Osaka - Manula dan Ramah

Ceritanya gue mau nulis review gue pas kemaren jalan-jalan ke Lombok, tapi gue lupa belom menyelesaikan review backpackeran gue ke Jepang. Jadi mari kita lanjut dulu...

Cekidot~



OSAKA : Manula dan Ramah.

Dua kata yang menggambarkan Osaka saat itu ya kata itu. Manula dan ramah. Kenapa? Karena sebagian besar yang gue temui di Osaka ya kakek, nenek atau om-om. Kalian pernah dengar lah ya, kalau Jepang itu perkembangan jumlah penduduknya segitiga terbalik, yang maksudnya adalah kebanyakan penduduk sana adalah orang tua. Dan bener aja, begitu gue menginjakkan kaki gue di Osaka. Orang yang mengajak kami berkomunikasi pertama kali adalah orang tua, spesifiknya kakek-kakek.

Pagi, sekitar jam 6, bus kami tiba di Osaka. Tujuan pertama kami saat itu adalah mencari penginapan yang sudah kami booking di booking.com, menurut testi dari Nana hotel ini agak masuk ke dalam dan lumayan sepi. Sekitarannya emang agak nyeremin dan banyak Ojiichan (kakek-kakek), tapi harga hotel ini murah (kurang dari 2000 yen, tepatnya 1700) dan fasilitasnya cukup bagus. Itulah alasannya kenapa kita hotel Kaga.

Saat keluar dari stasiun kereta Dobutsuenmae dan sejenak mondar-mandir mencari jalan, gue merasa ada keberuntungan yang menghampiri. Di ujung sana terlihat segerombloan orang Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang pake jilbab dan yang ngobrol suaranya kenceng banget sampe bahasa Indonesia mereka terdengar sama gue.

Karena di sana nggak ada yang bisa ditanya (masih sepi), gue memutuskan untuk SKSD sama mereka tanpa ragu.

“Orang Indonesia ya? Baru dateng apa mau pulang?”

“Eh, iya. Kita mau pulang nih.”

“Oh, eh mau nanya kalian tau daerah ini nggak? Nama hotelnya Kaga.”

Dilihat sebentar sama salah satu cowok yang keliatannya jadi leader kelompok itu, sedang yang lainnya diarahkan untuk masuk ke stasiun Shinimamiya.

“Kurang tau, deh. Sorry kita lagi buru-buru, takut ketinggalan kereta.”

Udah, gitu doang. Abis itu tamat. Keberuntungan gue tamat. Sempet sih gue kesel sama dia, ya abis nggak sama sekali ngasih solusi. Iya sih dia bukan dewa yang tahu segala hal, ya tapi kan...

Pikiran gue carut-marut, kita memutuskan buat liat-liat, jalan lagi dan kalau ketemu orang kita nanya. Nah, ternyata gue nggak sadar sedari tadi kita diliatin sama Ojiichan. Pun kalau kita nyadar, untuk bertanya sama dia rasanya sungkan. Mukanya keliatan datar sih, meskipun kelihatan penasaran sama kita. Dan dia kaya yang punya (atau yang jaga) salah satu hotel di sekitar situ, takutnya kita malah ditawarin hotelnya dia. Prasangka gue jelek bangat dah. Wakaka

Nah, akhirnya dia yang nyamperin kita pas kita ngelewatin dia. Dia menawarkan bantuan dan kita bilang aja kita lagi nyari hotel yang namanya Kaga. Dia bener-bener mencermati alamat itu, dan bener aja saat itu dia masuk hotel dan bertanya-tanya sama orang di dalem. Orang di dalem pun akhirnya mencarikan alamat yang gue kasih di peta. Lalu peta itu pun di print, terus dia menjelaskan jalannya. Gue cuma bisa manggut-manggut dan mengucapkan terimakasih sama dia. Baik banget bok! Nggak lupa gue berterima kasih sama kakek itu.

Gue mengikuti peta yang diberikan sama paman (karena lebih muda dikit daripada si kakek) tadi dan dengan segera kami sampai. 

Karena jam check in-nya jam 9, kami masih harus menunggu untuk bawa barang-barang kami ke kamar. Tapi ternyata eh ternyata alasan kita harus nunggu itu karena kamar yang mau dipakai sama kita ada yang ditempatin orang. Hoo, jadi gitu. Tapi... pada akhirnya kami diperbolehkan masuk dan check in padahal belom waktunya. Kenapa?

Jadi, pas di stasiun tadi koper gue sempet jatuh dan gagang (yang buat narik) patah, setelah gue ngobrolin soal kamar hotel kita yang masih belom siap, gue nanyain tempat yang bisa memperbaiki koper gue. Resepsionisnya bilang kayanya ada di sekitaran Nanba deh. Ya, gue nyari di sekitar sini aja belom yakin ketemu, gimana kalau gue nyari di sekitaran Nanba yang rame. Respsionis itu pake segala ngecek koper gue, dan pas lagi ada Ojiichan yang lewat juga jadi ikut ngobrol dan meriksa keadaan koper gue.

Biarpun yaaa, biarpun akhirnya mereka nggak tau tempat yang bisa benerin koper itu sekitar situ, biarpun akhirnya koper gue ya begitu aja sampe pulang, gue seneng sama perhatian mereka. Terharu bok terharu. Rasain sendiri deh melancong ke negeri orang dan ketika kesusahan ditolongin sama orang setempat, rasanya tuh super. #lebay

Nah, karena itulah kami bisa dapet jadwal check-in lebih awal. Kamar yang dijanjikan pun bisa diganti dengan kamar kosong lainnya. Cuma konsekuensinya kamar yang satu nggak berdekatan dengan dua kamar yang lainnya.

Setelah beres-beres


Di dalam kamar satu petak itu, cuma ada futon (kasur selimut/ kasur portable? Apadah xD), satu lemari, satu tivi, satu kulkas mini, dan satu AC yang bisa diubah jadi pemanas ruangan. Nggak ada kamar mandi? Iya, gue sempet mikir nggak bakal mandi kali ya selama di Osaka, setelah gue liat dapur yang digabung menjadi kamar mandi itu adalah kamar mandi umum. Jadi, bisa diliat kali ya, satu lantai itu yang gue temuin cuma Ojiichan atau om-om, nggak ada cewek sama sekali yang gue liat. Bisa membayangkan juga dong ya, bagaimana kondisi kamar mandinya. Cukup. Gue nggak mesti memastikan dengan melihatnya... *menangis pedih*

 Lalu saat gue risau, Phidut bilang , “Ju, kamar madi khusus cewek katanya ada di lantai 6.”

“Eh yang bener?”

“Iya, tadi kata masnya.”

Dengan riang abis bebenah kamar, gue ngajakin mereka mandi di lantai 6. Ya, maklum lah ya, belom mandi dari... dari kapan ya? Pokoknya di Nagoya nggak sempet mandi aja xD. Untungnya lagi musim gugur, kita ngga keringetan sama sekali dan karena udaranya bersih mau nggak mandi dua hari juga nggak berasa gatel gitu. #janganditiru xD

Sumpah, gue berjalan dengan riang ke arah kamar mandi. Apa sih yang gue harapkan di kamar mandi khusus cewek? Gak banyak. Gue cuma kamar mandi itu bersih dan nggak bau macem-macem. Itu aja cukup.

Dan inilah tampilannya...

Pintunya nge-pink sendiri xD

Dapet hotel yang ada bidetnya juga, bahagianya....`3`


Ada hairdryer juga, ih waw....

Tempat naro baju.

Standart sih tapi waw...

Ini lebih dari cukup kok! Rasanya gue mau nari sanking bersamangatnya dan bilang, “Aku bahagia, Mah, Pah, di sini...”

Selesai mandi, capeknya badan tuh jadi berasa banget. Ngeliat futon, rasanya nyaman banget dan gue mau menggeletakkan tubuh gue di sana dengan bebas. Tapi tunggu dulu, gue mendengar ketukan pintu.

Kami berjanji akan menyusun rencana untuk perjalanan dan kami akan mendiskusikan apa yang kita lakukan setelah ini. Dan gue lupa. Akhirnya gue membuka pintu, berkumpul dan kami mulai berbicara. Karena ngantuk, gue akhirnya ngambil HP, buat browsing (alamat tempat, dll) dan posting foto di IG.

Pada akhirnya kami cuma ngomongin garis besar untuk besok. Yang udah pasti sih rencana nanti malam kita ke toko Daiso terdekat. Toko 100yen paling terkenal di Jepang. Nyari sesuatu yang kiranya bisa di makan, atau mungkin ada sesuatu yang mau dibeli. Jadi kita perlu banget ke sana.

Abis solat dzuhur pun, akhirnya gue tepar di futon dengan gaya bebas. Angin dingin yang masuk dari jendela membuat gue nyaman dan beberapa detik setelah kenyamanan itu semua gue sudah jatuh di alam bawah sadar gue.

Dengan hembusan angin musim gugur, di siang hari kalian nggak membutuhkan AC untuk merasa nyaman. Tentu aja itu nggak berlangsung lama, jam 4 sore angin itu bakal buat lo kedinginan kalo nggak bergerak. Jadi hati-hatilah... xD

Lima malam di hotel Kaga bukanlah waktu yang sebentar, tapi cukup bagi gue buat mengetahui tempat itu dan Ojiichan setempat nggak menakutkan seperti keliatannya. Pun bagian Osaka yang lainnya yang gue datengin. Rata-rata para paruh baya itu menanggapi gue dengan senyuman dan membantu dengan sungguh-sungguh an tulus. Keakraban yang dibuat mereka tuh juga beda, kaya ke sodara sendiri. Nggak sedikit juga yang aneh, sih...

Osaka sedikit lebih tua dan kumuh dari Tokyo, tapi secara keseluruhan Osaka mempunyai kesan ini sangat hangat dan ramah.



No comments:

Post a Comment