Friday, November 6, 2015

[Rangkaian Sharing] Tokyo, I'm Falling in Love... (1)

Dari judulnya udah ketahuan pasti ya, gue lagi jatuh cinta. Iya bener, tapi bukan sama Tokyo lho... Terus sama siapa? Sama Oniichan-oniichan di Tokyo? Sama Pak polisi kakkoi di Asakusa? Nggak kok... Itu nggak seperti yang kalian pikirkan.

Terus sama siapa?
Kasih tau, nggak ya... :p



Tokyo, I'm Falling in Love...

Berawal dari keberangkatan di Jakarta, pertama kalinya gue pergi ke negeri orang dengan kepedean yang tinggi luar biasah. Berbekal beberapa website penting dan peta-peta yang didapat dari Japan Foundation (Sumitmas) secara gratis, gue ngerasa yakin gue bisa melancong dan bertahan hidup di sana dengan sukses.

Mungkin di antara kalian ada yang pengen tau website apa aja yang gue geluti, bisa dicek di bawah ini :
1. Untuk masalah tempat wisata, transportasi, dan mesjid-mesjid yang ada di Jepang, berikut website-website-nya :
http://www.jnto.go.jp/eng/ , http://www.jalan2kejepang.com/ , http://www.surutto.com/tickets/kansai_thru_english.html , http://www.japan-guide.com/ , http://willerexpress.com/en/ , http://www.hyperdia.com/en/ , http://www.masjid.jp/list.html
2. Untuk hotel, gue cari-cari di website :
http://www.booking.com/ , https://www.airbnb.com/ , http://www.hostelworld.com/

Udah gitu doang. Yah, mungkin bersyukurnya karena gue udah berbekal bahasa Jepang juga, jadi gue cukup yakin tanpa guide.

Pengennya sih gue ke sana bener-bener cuma bawa backpack aja, nggak bawa koper gitu. Keliatannya simple dan keren ya...
Kaya anak-anak gunung gitoh...
Tapi nyata masih ada koper dan satu tentengan yang gue bawa, jadi kaya mau pindahan.

Selesai leha-leha di bandara Soeta, gue cau ke Kuala Lumpur buat transit. Hal pertama yang bikin gue terkejut ketika sampai sana adalah saat nerima sms dari nyokap gue dan gue bales ke beliau, ada notif sms kalau sekali sms gue kena charge  5000/ per sms. Ya iyalah, kan sudah roaming, sodara-sodara... Cepet-cepet gue nyalain wifi dan balas via internet.

Lanjut lagi dengan pesawat air asia yang lebih luas dan besar, berangkat ke Jepang. Alhamdulillah gue ngga ada tuh pake acara jetlag-jetlag-an, malah sempet tidur pules. *emang dasar muka bantal ajah* Padahal lumayan sering turbulensi, tapi gue mah cuma bisa pasrah dan doa aja. Abis mau gimana lagi... -_-

Sampai di Jepang, langsung cari toilet dan tempat solat.
Karena kebutuhan yang mendesak adalah toilet maka kita mendahulukan itu, bandara segede Haneda harusnya ngga usah diragukan lagi gimana bentuk toiletnya. Dan bener aja, toiletnya itu... bikin orang yang baru kenalan sama Washlet (Toilet canggih dari Jepang) ngga mau pisah.
Dikenal juga dengan Bidet. Semua tombol yang ada di Bidet gue coba, dari suara air yang ngalir yang bisa memanipulasi suara pipis sampe (maaf) kentut kalian, hingga pengering buat (maaf) belakang kita ada! Keren nggak, tuh? *norak*
Ini dia tampilannya.

Terlalu lama gue untuk terpukau dengan Bidet akhirnya gue keluar, agar nggak lupa diri. wakakaka

Nanya sama mba-mba di information center dan dia nunjukin Prayer room ada di lantai 3. Seperti yang gue bilang di postingan sebelumnya prayer room Haneda ada dua tempat, tapi nggak dibedain mana buat cewek atau cowoknya. Beruntung, yang satu kosong dan bisa kita pake sekalian buat tempat istirahat. Di sini sebenernya gak boleh dipake buat istirahat apalagi tidur, tapi berhubung waktu tinggal 4 jam lagi, ngaso lah bentar kita di sana. #janganditiru
Ada yang bisa tidur, ada yang melek terus kaya gue. Soalnya bentar-bentar penjaganya masuk dan ngecek tempat. Gue cuma manggut-manggut senyum aja ke dia.
Akhirnya, jam 4.45 pagi, kita cau  dari sana dan menuju stasiun Otsuka, rumah temen gue, Rika.

Apartemen Rika di Otsuka yang dilewatin Jalur JR Yamanote. Dengan biaya 690 yen dan sekali transit, sampailah kita di Otsuka st. Masalah kita sekarang adalah koin loker, koin loker yang ada di dalam Otsuka st. kecil banget, nggak mungkin muat buat koper kita. Pas gue tanya-tanya sama mba-mba yang punya toko, ternyata persis di luar stasiun itu ada loker lumayan banyak dan ada yang sizenya gede, seharga 500 yen.

Gue pilihin baju dan keperluan yang mau dibawa ke tempat Rika dan langsung ke apartemen Rika. Rika cuma ngasih tau peta dan saat itu gue masih buta peta. Peta yang dikasih begitu doang, rasanya mau pulang aja ke Indonesia #cemenabis

Tapi dengan segenap kekuatan, gue cari orang yang bisa ditanya, dan beruntung banget ada pos polisi nggak jauh dari stasiun. Pak polisi punya semua data dan peta, dia cuma gue kasih tau nama apartement dan alamat Rika aja, langsung dengan buku petanya yang ajaib itu semua bisa dijelaskan dengan detail.

Sampailah di apartement Rika. Lalu masalah baru muncul, kita hanya bergantung sama wifi stasiun atau wifi-wifi umum dan ngga bisa tersambung dengan internet kalau berada di luar tempat itu. Wassalamualaikum deh. Gue ada di depan rumah Rika dan nggak tau mesti menghubungi dia lewat apa, untuk ngasih tau kalau kita udah sampai. Secara ajaib, beruntungnya lagi... ada wifi guest yang nggak di-lock tiba-tiba muncul, dan akhirnya bisa menghubungi Rika dan kita bisa masuk.

Singkat cerita, Rika pergi kerja dan kita istirahat sampai sore. Kita bangun cuma solat aja, lalu bobo lagi. Jam 4an kita baru siap-siap buat keluar dan keliling sekitaran Otsuka. Di situlah asumsi gue tentang Jepang mulai goyah.

"Katanya Tokyo tempat yang sibuk, apaan sih nih... kaya bukan Jepang, sepi banget..."

Gambar di atas adalah gambar sekitaran Otsuka. Sepi sunyi seperti kota tak berpenghuni, menjelang malam baru lah lumayan rame. Tapi tetap ngga sesuai dengan ekspektasi gue. Udah gitu banyak burung gagak lagi. Serem abis. Sebelum matahari bener-bener nggak terlihat, gue, Phidut dan Teh Yelni terus pergi ke arah Ikebukuro. Rika ngasih saran buat main ke sana dan pergi ke tamannya, katanya bagus. Tapi gue ngeliatnya begitu-begitu aja... atau mungkin aja, gue belom sampai ke tempat yang Rika maksud. Wakakaka

Selesai jalan-jalan ke Ikebukuro, suara perut terdengar keras minta diisi. Bulan oktober itu udah memasuki musim gugur, udara dan angin yang berhembus lumayan kenceng banget. Imbasnya, perut jadi sering bunyi kaya ada gemuruh angin dan jadi lebih gampang laper. Sebelum akhirnya gue ke mesjid Otsuka gue dan kawan-kawan pergi ke Seven Eleven buat nyari Onigiri (nasi kepal Jepang) buat ganjel perut. Onigiri yang mungkin bersahabat dengan muslim yang isinya ikan. Yang isi ayam gue masih belom berani belinya, masih meragukan (dipotongnya dengan cara apa).

Lalu sampai lah di mesjid!
Mesjid Ostuka adalah mesjid pertama yang gue singgahi di Jepang.

Di depan pintu masuk ada artikel-artikel yang gratis boleh diambil dan dibaca-baca. Untuk ukuran mesjid Jepang ini termasuk mesjid yang ngga terlalu gede, tapi juga nggak kecil-kecil banget kaya musolah. Lantai atas buat tempat solat laki-laki dan lantai bawah buat tempat solat cewek dan ada ruangan kosong yang mungkin dipakai buat anak-anak ngaji di sana. Pas gue ke sana beberapa anak-anak lagi main-main di sana, gue kira sih bakal ada pengajian hari itu, tapi setelah gue solat isya jam 18.30, mereka udah ngilang aja. Udah pada pulang.

Hari kedua di Jepang kita manfaatin buat jalan-jalan ke sekitaran Otsuka dan nyebrang dikit ke Ikebukuro, setelah setengah harian istirahat. Jadwal yang gue bikin sengaja begitu biar kita nggak keluar ongkos sama sekali.

Lalu, di  Tokyo hari selanjutnya, kita masih jalan-jalan sendiri tanpa guide, hanya meraba-raba peta dan cari rute di google maps... Di sanalah, petulangan yang sebenernya baru dimulai....


4 comments:

  1. Wah rajin! Pulang-pulang langsung nulis. Wakakakaka xD Gak kayak gue yang cuma numpuk tulisan di notes. Eh :p

    Ayo lanjut2, gue ngikutin deh xDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja gue paksain. Sebelum ceritany beneran ilang dari pala gue...

      Wakakaka

      Delete
  2. Ngikutin juga deh~~~ Kalau ada emot 'itu' bakal kupake deh. WKwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah cukup di watsap aja ya Din.....
      Nggak usahlah dibawa-bawa kemari :(

      Delete