Sunday, May 22, 2016

[Sharing] One Day in Nagoya

Meneruskan sharing perjalanan gue ke Jepang tahun lalu #basibanget xD Wahahah, ya nggak papalah, daripada nggak ditulis sama sekali kan?

Langsung aja, dicekidot~

One Day in Nagoya


Dari Tokyo ke Nagoya kami tempuh dengan bis malam. Tentunya harganya lebih murah ketimbang naik Shinkansen. Bahkan kita bisa sampai mengirit uang untuk menginap, keren kan? Bus willer cukup nyaman, tampilannya menarik dan desain kursinya dibuat supaya orang-orang yang mau tidur mendapatkan privasi yang cukup. (link willer)

Source : google (lupa ngambil foto ;_;)

Kalau di Indonesia bus malemnya ngebutnya kaya lagi sirkuit balapan, di Jepang bus malemnya jalannya nyaman banget tapi tidur gue tetep nggak bisa 100%. Yah, dari dulu emang nggak pernah bisa tidur tenang kalo udah naik bus malem sih...
Bangun pas subuh, beberapa menit sebelum alarm adzan subuh gue bunyi, gue langsung matiin alarmnya. Hahaha you know lah...

Karena masih ada di perjalanan gue memutuskan untuk subuhan di bus. Abis itu gue bangunin Phidut dan Teh Yelni. Sekitar setengah enam bis kami akhirnya sampai di tempat tujuan.  Dari situ kami ke stasiun Nagoya. Di stasiun Nagoya kami langsung cari loker untuk nyimpen barang. Berhubung kami nggak sama sekali ada niatan nginep di Nagoya jadi kami cuma menyewa loker.
Source : google juga ._.

Di Nagoya nggak mandi? Bahahahak jawabnya udah pasti nggak. Tapi sebelum kami menitipkan koper kami, kami udah siapkan baju ganti dan peralatan sekedarnya untuk cuci muka dan gosok gigi. Setelah selasai, kami siap buat bertualang ke Nagoya seharian.

Di Nagoya ada beberapa tempat yang sering didatengi dan menjadi satu spot. Yaitu, di sekitaran Sakae. Gimana caranya ke sana? 90% kami tempuh semuanya dengan jalan kaki.

Perhentian pertama kita ke kuil Osukanon. Meskipun matahari sudah tinggi tapi jalan tetep sepi, maka kita putuskan buat bikin kehebohan di sana dengan.... selfie-selfie. 


Karena perut laper, kami memutuskan makan makanan favorit kita, iya apa lagi coba kalo bukan Onigiri Tunamayo! Aman, murah meriah. Perjalanan masuk jalan pasar keluar dari arah Osukanon. Tokonya banyak yang belom buka (iyalah jam 7 pagi). 


Tapi yang jual buah dan sayur udah buka. Karena ngiler pengen makan mewah, kita lanjut ke pasar dan beli beberapa buah.

Tapi ternyata buahnya murah-murah euy, Lucky!

Kami meneruskan jalan ke arah Sakae. Dalam perjalanan kami mampir ke taman yang cukup besar (sayangnya gue lupa namanya) dan bersantai. 


Sejak kami turun dari bus kami terus berjalan kaki ke arah Sakae, jadi wajarlah kaki nyut-nyutan minta istirahat. Tamannya bersih, gede dan nyaman banget buat tidur. Eh beneran... Gue sempet ketiduran bentar di situ, tapi nggak lelap banget lah.

Setelah itu kita melanjutkan jalan ke arah Oasis 21. Dalam perjalanan, kalo kita mau pipis kita pasti langsung nyari mall terdekat supaya bisa pipis di bidet. Soalnya kalo pipis di toilet taman belum tentu toiletnya ada air. Jadi kalian harus selalu siap selalu tisue basah kalo mau aman.

Sampai deh di Oasis 21. Dari situ juga keliatan menara TV Nagoya lho. Bentuk Oasis 21 ini unik banget, kaya apa ya? Ufo? Piring terbang? Hahaha entahlah.



Lagi-lagi cuma foto-foto, apasih yang harus kami lakukan kalau udah sampe tujuan? Gue selalu bingung kalo udah pada bagian ini.
Bagian atas Oasis 21

Nengok ke bawah jalan

Bangunan di depannya

Karena udah masuk dzuhur, kami mencoba nanya ke information center. Waktu itu gue nggak tau dapet info dari mana kalo di sekitaran Sakae ada mesjid, makanya gue dari tadi santai aja. Begitu ditanya, doeng! Mereka bilang nggak ada. Akhirnya gue coba mikir buat datengin restoran halal, kali aja di sana ada musholah. Tapi saat itu internet nggak bersahabat. Gue nggak bisa cari restoran halal deket sana di internet.

Sedihnya kalau maen ke negeri orang tuh sulit banget buat nyari tempat solat. Jepang emang bersih,tapi kalau pakai jalan buat tempat solat? Hmm, gue cukup mempertimbangkannya. Soalnya ada beberapa saran dari temen gue yang orang Jepang, kalau bisa jangan asal gelar sajadah dan solat di sembarang tempat.

Waktu solat ashar mendekat tanpa ampun, dan akhirnya kami kelewat solat dzuhur. Gue pikir sebaiknya kami mengakhir jalan-jalan kami secepat mungkin dan ke Mesjid Nagoya yang udah kita rencanakan sebelumnya. Segera mungkin kami harus pergi supaya bisa solat ashar di sana.
Perhentian terakhir adalah Nagoya Castle. Dari sana baru kami akan meluncur ke Masjid Nagoya.


Bagian dalam Nagoya Castle

Nagoya castle... ya begitu aja sih. Emang karena hati gue nggak tenang karena belum solat atau entah karena apa, gue hanya bisa terburu-buru pas sana. Bahkan pipis pun gue nggak nyaman. Sejujurnya gue nggak terlalu tertarik dengan peninggalan sejarah gitu sih. Jadi mungkin karena itu juga masalahnya ya, hahaha. Ya tapi dibilang seneng sih seneng juga bok...


Oke, dari Nagoya Castle (stasiun Shiyakusho) kita menuju ke Honjin Stasiun. 


Gue sama sekali nggak tahu pasti letak mesjidnya, tapi kita nekad. Tapi berkat penjaga stasiun dan pak polisi yang ada di Jepang kami tertolong. Pasalnya penjaga stasiun dan polisi yang ada di sana tuh berguna banget, soalnya mereka lumayan paham sama daerahnya yang mereka diami itu.

Dan dari perjalanan seputaran Nagoya, gue paling suka adalah bagian ini. Setelah keluar dari stasiun kami linglung lagi nyari jalan lewat mana. Karena kami memutuskan buat nanya polisi, kami nggak nanya sama orang stasiun tentang mesjid. Nyatanya, kami sama sekali nggak ketemu polisi.

Akhirnya kami nanya orang lewat, udah gue duga sih mereka pasti nggak tahu. Duh, mana gue nggak punya internet buat GPS-an. Akhirnya berbekal alamat yang tertulis di web kami menelusuri jalan. Udah semakin sore, kok jalan nggak ada perubahan. Tetep aja sepi. Yah, emang sih tempat rame di Jepang memang hanya di pusat aja, kalau udah masuk jalan perumahannya tuh sepinya ampun-ampun.

Cukup jauh gue berjalan, akhirnya ada orang yang bisa ditanya lagi. Kali ini seorang kakek yang lagi ngemong cucunya. Sebaiknya gue tanya pake alamat aja deh, pikir gue.

Si Kakek ragu menjelaskan ke gue dengan bahasa Jepang, padahal gue nanya udah pake bahasa Jepang. Yah kebiasaan sebagian orang Jepang ada yang gitu. Ditanya pake bahasa Jepang mereka milih jawabnya pake bahasa Inggris.

Gue tunjukin lagi alamatnya dan gue ungkit lagi sebenernya yang gue cari itu adalah mesjid. Si kakek seperti dapet sesuatu di kepalanya, dia mulai bicara memastikan sesuatu sama gue.
 
Ano musurimu kyoukai desune?” Gue pertama ngeloading dulu sama perkataan dia. Hah? Kyoukai yang gue tau ada berapa ya? Kyoukai-nya gereja apa ya? Ah!
Gue langsung mengiyakannya.

Terus kakek itu menjelaskan dengan ragu, masih bingung berapa banyak bahasa jepang yang mesti dia pakai kayanya. Plus dia juga masih ngemong cucu, kaya agak khawatir gitu sama cucunya. Kita jadi lumayan nggak enak juga gue ngeliatnya.

Tapi gue tau, dia serius mau bantu.

Lalu dari rumah keluarlah ibu paruh baya, si kakek bilang gue mau ke ‘gerejanya orang muslim’ ke ibu itu. Si ibu keluar dan sambil menaikkan anak kecil itu ke sepeda roda tiganya. Terus dia bilang ke kita supaya ngikutin dia.

Damn! Saat itu gue bener-bener tersentuh.
Dianterin bok, dianterin!

Pertama kalinya gue mendapatkan perlakuan yang baik banget kaya gitu di Jepang. Apalagi itu ada hubungannya sama agama gue. Sepanjang jalan gue ragu mau ngajak ngomong ibunya, abis auranya kaya nggak mau diajak ngobrol jadi gue godain aja dedeknya.

Ternyata nggak terlalu jauh, kami pun langsung sampai. Gue mengucapkan terima kasih berkali-kali ke ibu itu dan mengucapkan ‘dadah’ ke dedeknya.

Sampai!

Gue bisa menjama’ dzuhur gue, gue bisa solat ashar di sana, terus menunggu magrib dan solat magrib di sana.


Hal yang menarik yang gue temukan di dalam mesjid adalah print-an email yang dikirimkan buat orang-orang mesjid itu. Print out-nya ditempel di dinding mesjid. 

Isinya, orang sekitar (orang Jepang) merasa terganggu dengan acara di mesjid itu. Mereka bilang sih terlalu ribut, jadi pihak mesjid diminta agar memperhatikan masalah ini.
Mungkin semacam adzan atau saat bulan ramadhan beberapa acara buka bersama dan solat terawih bersama diadakan.
Gue yang ngeliat sih, ngerasa orang-orang mesjid itu keren banget. Daripada bersimpati, gue malah ngerasa bangga bacanya. Abis gue jadi bisa membayangkan perjuangan mereka yang bertahan hidup sebagai minoritas di Jepang ini sih...

Tapi bukan berarti perlakuan orang Jepang semuanya ke muslim nggak mengenakan.


Toh gue ngomomg gini karena udah membuktikannya sendiri saat itu. Beda orang, beda sikap. Beda kepala, beda pemikiran. Selama kita mengurusi urusan dan agama kita masing-masing, gue nggak akan ada masalah sama mereka.

Lalu kami kembali ke arah stasiun Nagoya dan kembali melakukan perjalanan dengan bus malem willer menuju Osaka...

2 comments: